Sunday, October 15, 2017

Cerita Petugas Kamar Jenazah RSUD Ciawi, Ajak Ngobrol Mayat Tanpa Identitas Agar Bisa Pulang

Cerita Petugas Kamar Jenazah RSUD Ciawi, Ajak Ngobrol Mayat Tanpa Identitas Agar Bisa Pulang
Jenazah tanpa identitas atau biasa disebut Mr.X sudah biasa diterima untuk ditampung di kamar jenazah sampai waktu tertentu agar bisa ditemukan dan diambil keluarganya.
Namun jika dalam jangka waktu tertentu jenazah tanpa identitas itu tak kunjung didatangi keluarga, maka akan dikuburkan oleh petugas.


Seperti yang dilakukan oleh kamar jenazah RSUD Ciawi, dimana mereka memberi batas satu bulan penampungan jenazah tanpa identitas sebelum dikuburkan di Pondok Rajeg Cibinong, Kabupaten Bogor.
Kesulitan informasi karena tidak adanya identitas itu ternyata menurut petugas kamar jenazah RSUD Ciawi, Wanda Suanda (53), menyulitkan keluarga untuk mencari keberadaan jenazah.
Namun ia mengaku ada kebiasaan yang sering dilakukannya di kamar jenazah, sambil menunggu ada yang menjemput.
Kebiasaan yang ia lakukan yakni mengobrol dengan jenazah-jenazah tersebut.

"Kalo lagi meriksa, ngebersihin jenazah gitu, saya bilang ke jenazahnya, saya suruh temuin keluarganya, pak kalau ada apa-apa kasih tahu keluarga bahwa bapak sudah terbaring di sini, gitu," ungkap Wanda saat ditemui TribunnewsBogor.com.
Entah bagaimana, menurut pengakuan Wanda, ada beberapa keluarga yang datang mencari dan menemukan jenazah tanpa identitas tersebut setelah bermimpi bertemu dengan almarhum.
Menurutnya beberapa tahun lalu ada dua jenazah tanpa identitas yang keluarga datang mencari dengan membawa foto dan menemukan jenazah yang dicari di RSUD Ciawi.
Wanda mengaku bahwa dua pihak keluarga tersebut berasal dari Sukabumi dan Cianjur dimana jenazah yang mereka cari adalah korban yang ditemukan di sungai dan korban pengeroyokan.
"Dulu itu pernah orang Sukabumi ke sini, perempuan dia, nyari dan ketemu jenazah keluarganya di sini, dia ngaku sebelumnya dia mimpi bertemu dengan almarhum," katanya.
Kemudian hal yang sama pun menurutnya dalam beberapa waktu kemudian juga terulang kembali, di mana datang pihak keluarga dari Cianjur yang mengaku juga sebelumnya bermimpi bertemu almarhum keluarganya.
Hingga akhirnya keluraga tersebut mencari dan menemukan jasadnya yang menjadi jenazah Mr.X di RSUD Ciawi.
"Yang saya ingat, mereka bilang mimpinya itu ketika bertemu almarhum, mereka mendapat permintaan tolong untuk disempurnakan, gitu, dari anggota keluarga yang dianggap hilang sebelumnya," katanya.

sumber : bogor.tribunnews.com

0 comments:

Post a Comment